17 Jun 2012

Sejarah Gedong Songo


TUGAS IPS
                                                                                                                                                                1.Sebutkan jumlah candi yang ada di komplek candi Gedong Songo!
Jawab:  Gedung songo adalah gedung yang memiliki beberapa keunikan yang terutama dengan adanya 9 candi namun sampai sekarang ini hanya ada 5 candi saja yang masih aktif dan kokoh. Selain itu, masih diperkirakan oleh warga masyarakat disana karena robohnya candi tersebut diperkirakan oleh adanya suatu gejala yang belum bisa di toleransi oleh pihak setempat. Maka hanya ada 5 saja yang bisa dilihat oleh parawisatawan. Demikian yang telah disampaikan oleh Raffles dari kolonial Inggris, tentang jumlah candi yang berada di Komplek Gedong Songo yaitu 5 candi yang berstatus masih kokoh.
 2. Sejarah Gedong Songo
Jawab:
Gedong Songo dan Gunung Ungaran
Candi Gedong Songo yaitu salah satu candi yang mempunyai karakter Aura Alam Ghaib yang begitu kuat dan mistik. Sesuai namanya komplek candi ini terdiri atas sembilan candi, berderet bawah ke atas yang dihubungkan dengan jalan setapak bersemen.  Satu Candi yang berada dipuncak paling tinggi disebut puncak Nirwana. Sayang sekali dari sembilan Candi dua diantaranya sudah rusak hingga sekarang tinggal tujuh buah. Ada juga bukit Kendalisodo dan Gua tempat Hanoman bertapa.

Komplek Candi Gedong Songo ini dibangun oleh Putera Sanjaya, Raja Mataram Kuno pada sekitar abad 7 masehi. Melihat langgam arsitektur dan pendirinya yang beragama hindu, candi gedong songo jelas merupakan candi hindu yang dibangun untuk tujuan pemujaan.Berbagai patung Dewa yang ada disini seperti Syiwa mahaguru, Syiwa Mahadewa, Syiwa Mahakala,Durgamahesasuramardhani dan Ganesya sebagai bangunan pemujaan umat hindu. Juga ditemukan Lingga dan Yoni yang merupakan ciri khas candi hindu di Indonesia.

Kisah Gunung Ungaran :
Gunung Ungaran tempat candi gedong songo ini berdiri dahulu kala digunakan oleh Hanoman untuk menimbun Dasamuka dalam perang besar memperebutkan Dewi Sinta. Seperti diketahui dalam cerita pewayangan Ramayana yang tersohor itu Dasamuka telah menculik Dewi Sinta dari sisi Rama, Suaminya.Untuk merebut Sinta kembali pecahlah perang besar antara Dasamuka dengan bala tentara raksasanya melawan Rama yang dibantu pasukan kera pimpinan hanoman. Syahdan dalam perang tersebut Dasamuka yang sakti tak bisa mati kendati dirajam berbagai senjata oleh Rama.

Melihat itu Hanoman yang anak Dewa itu kemudian mengangkat sebuah Gunung untuk menimbun tubuh Dasamuka. Jadilah Dasamuka tertimbun hidup - hidup oleh gunung yang disebut sebagai gunung ungaran.Dasamuka yang tertimbun hidup - hidup di dasar gunung ungaran setiap hari mengeluarkan rintihan berupa suara menggelegak yang sebenarnya berasal dari sumber air panas yang terdapat disitu. Sumber air panas yang mengandung belerang itu sendiri akhirnya menjadi tempat mandi untuk menghilangkan beberapa panyakit kulit.

3. Manfaat yang didapatkan penduduk sekitar dengan adanya Gedong Songo
Jawab:  Dengan adanya Gedong Songo tentunya masyarakat sekitar dapat merasakan beberapa manfaatnya. Diantaranya yaitu dengan dijadikan Gedong Songo sebagai salah satu area pariwisata yang cukup terkenal di daerah Semarang dan pada umumnya banyak dari wisatawan lokal ataupun wisatawan asing yang tengah bersinggah , disitulah masyarakat tersebut pandai-pandai untuk dapat memanfaatkan suatu peluang. Banyak masyarakat yang tinggal disekitar Gedong Songo mayoritasnya berprofesi sebagai pedagang. Tidak heran jika kita berwisata disana banyak sekali aneka macam jajanan.

4. Gambarlah salah satu candi yang terdapat di Komplek candi Gedong Songo




5.Bagaimanakah sikap kita terhadap benda bersejarah jika kalian:
 a.Selaku generasi muda
 b.Selaku pemerintah
 c.Selaku masyarakat

Jawab:
a.       Selaku generasi muda sikap yang seharusnya kita lakukan terhadap benda bersejarah yaitu ikut andil dalam menjaga keutuhan benda bersejarah itu dengan sebaik-baiknya supaya tidak rusak dan tetap dapat kita nikmati manfaatnya. Generasi muda ialah generasi emas yang  kaya akan ide-ide cemerlangnya, tak salah jika banyak kaum muda yang sudah berkecimpung disuatu lembaga penting. Tidak salah juga jika generasi muda harus didorong  atau dengan kesadarannya sendiri untuk dapat belajar menumbuhkan rasa memiliki budayanya sendiri, yaitu diantaranya dengan merawat atau mencintai benda-benda bersejarah disekitar kita.

b.      Selaku pemerintah sikap yang seharusnya kita lakukan terhadap benda-benda bersejarah yaitu ikut membantu pemasukan dana untuk dapat mengembangkannya ataupun bisa dengan memberikan fasilitas yang memadahi sehingga benda bersejarah akan aman terjaga.

c.       Selaku masyarakat  sikap yang seharusnya  kita lakukan terhadap benda-benda bersejarah yaitu berrsedia mendukung suatu rencana dari generasi muda atau pemerintah tentang hal positif yang harus dilakukan untuk dapat mencapai tujuan yang mulia.

0 komentar:

About Me